Research Connection sebuah konsorsium
antar-universitas yang dipimpin oleh Columbia University, dalam salah satu
program penelitiannya yang berjudul “The Quality of School-Age Child Care
in After-School Settings[6]” untuk
mengevaluasi kualitas pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan yang
mempersiapkan aktifitas anak setelah sekolah, mengangkat dua kategori struktur
dan proses. Kualitas struktur diukur dalam tiga (3) variabel, yakni; 1) rasio
siswa dengan staf, ukuran rombongan belajar, dan program pengelolaan sekolah;
2) kualifikasi staf, level pendidikan dan pelatihan; dan 3) lamanya waktu
layanan pendidikan. Kemudian, kategori proses diukur dengan delapan (8)
variabel, yakni:
1. Keamanan fisik dan psikologis,
2. Struktur yang memadai
3. Hubungan yang sangat mendukung
4. Kesempatan keterlibatan para siswa yang
bermakna
5. Norma sosial yang positif
6. Orientasi pembelajaran yang mengembang
pembinaan ketrampilan
7. Keseimbangan antara otonomi dengan stutter
8. Koneksitas antara sekolah, rumah dan
masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar